Tuesday, December 29, 2015

Usaha Isi Pulsa Listrik Menjanjikan

Isi Pulsa Listrik Menjanjikan
Image credit: energitoday

Meningkatnya jumlah pelanggan listrik prabayar semakin membuka peluang usaha isi pulsa token listrik. Walaupun komisi per transaksi relative kecil, tetapi karena pasar dan permintaannya sangat besar menjadikan hasil yang didapat perbulan cukup besar.

Saat ini PLN tengah gencar melakukan program pemindahan layanan dari jaringan listrik pascabayar menjadi prabayar. Jumlah pengguna listrik prabayar mencapai angka 1,7 juta dari total 41 juta pelanggan sampai akhir tahun lalu. Angka tersebut dipastikan akan meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan isi pulsa listrik atau toker bagi pelanggan prabayar, PLN bekerja sama dengan beberapa bank dan kantor pos. Saat ini PLN sudah menunjuk beberapa bank. Diantaranya Bank Mandiri, Bukopin, Bank Perkreditan Rakyat Karya Jati Sadaya (BPR KS), CIMB Niaga, dan BNI. Seharusnya bank menjual pulsa isi ulang/token melalui ATM mereka, namun bank yang telah ditunjuk juga bisa bekerja sama dengan downline atau agen-agen token.

Masyarakat bisa memanfaatkan peluang ini dengan melakukan kerjasama/bermitra dengan bank-bank tersebut. Apalagi tidak semua pelanggan listrik prabayar mengisi pulsa listrik lewat ATM. Rata-rata orang yang bekerja sama dengan agen meraup keuntungan minim perbulan 500 ribu sampai 15 juta. Keuntungan tiap isi pulsa listrik adalah 100 sampai 1000 rupiah. Itupun sebelum ditambah keuntungan pendaftaran keanggotan jaringan agen sebesar 50000 per member. Rata-rata dari pendaftaraan anggota baru dapat meraup 300-500 ribu perbulan.

Proses Kerja Sama Isi Pulsa Listrik

Untuk memulai bisnis isi pulsa listrik ini, Anda memiliki dua pilihan. Yakni menjadi agen ritel yang menjual langsung kepada konsumen atau menjadi agen server yang membawahi beberapa agen ritel. Perbedaannya adalah agen ritel mendapat keuntungan dari penjualan eceran, sedangkan agen server mendapat keuntungan dari perekrutan agen dan komisi penyaluran token kepada agen ritel.

Yang perlu Anda siapkan untuk memulai bisnis ini adalah modal untuk deposit nominalnya pun beragam, mulai dari satu juta ada pula yang minimal 3 juta untuk agen. Selain menyiapkan deposit, modal lain yang harus Anda siapklan adalah perangkat komputer yang memiliki akses internet karena semua transaksi penjualan isi pulsa listrik menggunakan jaringan internet. 

Bisnis ini tidak membutuhkan banyak tenaga dan tidak berbeda jauh dengan bisnis isi ulang pulsa elektronik. Meski begitu, jika Anda ingin menjadi penjual langsung atau agen ritel, Anda perlu mempunyai lapak untuk berjualan. Kalau pun tidak punya lapak khusus di rumah, paling tidak pembeli harus tahu bahwa Anda melayani penjualan isi pulsa listrik. Jika ingin jangkauan penjualan lebih luas lagi, sebaiknya Anda berjualan lewat internet atau menjadi agen server.

No comments:

Post a Comment